Sabtu, 13 Oktober 2012

Apakah perlu menggunakan krim malam?


Oleh: Marmi Panti Hidayah

Krim malam sangat penting bagi mereka yang kulitnya sudah memperlihatkan tanda-tanda penuaan, yaitu usia 35 tahun ke atas. Tujuan krim malam ini untuk memberikan tambahan vitamin pada kulit. Bagaimana penggunaan yang baik dan benar?

“Intinya, krim malam bermanfaat untuk memberikan nutrisi pada kulit. Malam hari adalah waktu terbanyak untuk penyerapan dibanding pada siang hari. Makanya sangat baik menggunakan krim malam,” kata Ahli Kecantikan yang juga pengurus Tiara Kusuma, Nunuk S. Dahlan kepada Vista.

Sebenarnya, lanjut Nunuk, nutrisi dari makanan saja sudah cukup untuk kulit. “Namun begitu proses penuaan terjadi, mau tidak mau harus menggunakan krim malam. Bagaimanapun kita tidak bisa mengalahkan proses penuaan dan gravitasi bumi dimana kulit cenderung ditarik ke bawah hingga menurun (kendur),” ujar wanita yang juga aktif di Himpunan Ahli Rias Pengantin (HARPI) Melati.

Masyarakat umumnya sudah mengetahui pentingnya penggunaan krim malam. Akan tetapi tidak semua orang memahami penggunaan krim malam secara tepat dan bagaimana memilih krim malam sesuai kebutuhan.

Sebagai contoh, sekarang ini banyak produk krim malam yang tidak hanya menawarkan menutrisi kulit tapi juga memutihkan kulit. Iklan produk yang begitu gencar membuat orang tergiur untuk mencoba krim malam dengan pemutih. Apalagi iklan tersebut mengklaim, bahwa kulit putih-lah yang paling sempurna.

Sebaiknya, tambah Nunuk, hindari penggunaan krim malam dengan pemutih terutama bagi mereka yang belum pernah mencoba.

“Sebab, penggunaan krim malam dengan pemutih akan meninggalkan efek ketergantungan. Jika kita berhenti menggunakan, kulit akan terkesan kusam,” jelasnya.

Pendidik dan Penguji di Lembaga Kursus Kecantikan Rambut, Kulit, Pengantin dan Spa ini juga mengingatkan pentingnya aturan penggunaan krim malam.

Namun katanya, kalangan remaja hingga usia 30 tahunan belum perlu menggunakan krim malam. Sebaiknya krim malam digunakan usia 35 tahun ke atas atau mereka yang kulitnya mulai memperlihatkan tanda-tanda penuaan.

“Bagi mereka yang masih berusia 35 tahun, jangan gunakan setiap malam. Cukup gunakan seminggu sekali, baru kemudian ditingkatkan seminggu dua kali tergantung meningkatnya usia serta kondisi kulit,” jelasnya.

Orang yang terlalu banyak berada di ruangan berpendingin (AC) atau sering bertugas di luar ruang biasanya kulitnya cepat kering. Dengan begitu, penggunaan krim malam bisa ditingkatkan dua hingga tiga kali seminggu.

Sedangkan untuk mereka yang berusia 50 tahun ke atas sebaiknya gunakan krim malam setiap hari. “Gunakan terutama untuk daerah-daerah yang cepat berkerut, seperti seputar mata dan leher,” kata Nunuk lagi.

Idealnya, krim malam digunakan selama tujuh jam dari malam sampai pagi. “Krim malam bisa digunakan setelah shalat Isya, sekitar pukul 19.00-20.00. Sebelum menggunakan krim malam, tentu wajah harus dibersihkan terlebih dulu,” katanya.

Begitu bangun tidur, krim malam perlu diangkat lagi melalui proses pembersihan kulit wajah, sebelum menggunakan riasan pagi bila memang punya aktivitas di luar rumah.

Bagaimana cara memilih krim malam yang baik, Nunuk memberikan tipsnya. Karena krim malam sejatinya adalah pemberian nutrisi untuk kulit, maka pilihlah produk yang hanya mengandung vitamin untuk kulit, collagen. Biasanya dalam produk sudah tertera kandungan vitamin krim malam.

“Hindari penggunaan krim malam yang berfungsi sebagai pemutih termasuk menawarkan pengelupasan,” tandasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar